Share with:


Siapa, sih, yang tidak kenal dengan motor Harley Davidson? Tentu motor jenis ini dipercaya sebagai motor yang paling mahal. Tentu harga motor tersebut belum termasuk ke dalam biaya impor hingga pajak barang mewah yang perlu ditawarkan.

Tetapi tidak semua orang bisa menunggangi motor dari Harley Davidson tersebut melainkan hanya orang beruntung saja yang bisa menikmatinya. Dalam hal ini, anda harus mengetahui terlebih dahulu sejarahnya jika ingin menggunakan motor tersebut. Bagaimana? Penasaran dengan bagaimana sejarahnya?

Bagaimana Sejarahnya?
Pertama kali motor Harley Davidson ini didirikan langsung oleh William S. Harley dan Arthur Davidson pada tahun 1903 di Amerika Serikat, Milwaukee. Pada awalnya motor itu hanya digunakan dengan konfigurasi mesin satu silinder. Kemudian pada tahun 1909, motor itu mulai menjalankan proyek mesin V-Twin 1.000 cc. Sejak saat itu, motor Harley Davidson pun mulai dikenal oleh publik. Sebab motor ini terkenal dengan ciri khasnya yaitu V-Twin 45 derajat.

Kemudian pada tahun 1912, pabrik ini mulai mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan di Amerika Serikat saja sudah mendirikan sebanyak 200 dealer motor. Bahkan motor – motor tersebut pun mulai ikut dieskporkan ke Jepang. Walaupun sempat eksis, siapa yang menyangka kalau motor ini sempat kalah saing dengan motor buatan Inggris. Tetapi ketertinggalan itu hanya dirasakan sebentar saja, sebab pada tahun 1957 pabrik mulai meluncurkan produk model Sporster terbaru.

Perlu diketahui, salah satu keungggulan yang dimiliki oleh model Sporster ini adalah kecepatan. Karena kecepatannya itulah yang membuat motor asal Harley Davidson ini mulai laris di pasaran. Selain itu, ada pula moderl lain seperti street 500 pada tahun 2014. Motor Street 500 ini terkenal memiliki kapasitas mesin yang kecil pada masa era modern tersebut. Uniknya motor ini dibuat langsung di India, sehingga harga yang diberikan pun lebih terjangkau jika dibandingkan harga model lainnya.

Sejarah Di Indonesia
Selain memiliki sejarah di Amerika, banyak yang menduga kalau motor dari Harley Davidson datang ke Indonesia sekitar tahun 1920. Awalnya motor itu mulai dibawa oleh orang – orang belanda saat masa penjajahan. Saat itu baru motor dengan tipe Harley Davidson WLA Army saja yang baru beredar di sana. Karena hal itulah banyak para orang belanda yang menggunakan model itu untuk kendaraan operasional di kebun tersebut.

Tetapi sejak kemerdekaan Indonesia ditetapkan, motor Harley Davidson mulai digunakan sebagai kendaraan operasional. Tentu hal ini hanya digunakan oleh para kalangan militer seperti POMAL, PATWAL dan PM di tahun 1965. Kemudian baru di tahun 1977 saja, akhirnya terdapat pemegang resmi dari Harley Davidson yaitu PT Mabua Harley Davidson. Sejak saat itu, perusahaan tersebut sudah secara resmi menjadi importir yang terpercaya sampai tahun 2016.

Tetapi setelah Mabua mulai tutup beroperasi, hal ini mulai digantikan oleh berbagai dealer resmi lainnya. Sebut saja seperti Anak Elang dan Nusantara masih berjaya sampai saat ini dan tak jarang banyak pelanggan yang membeli produknya dari sana. Kehadiran hal ini pun memang membantu para pelanggan dalam memahami sejarah awal kedatangan Harley Davidson. Dengan memahami berbagai sejarah tersebut, hal ini bisa memudahkan anda dalam melakukan berbagai kegiatan lainnya. Bagaimana? Penasaran dengan berbagai halnya? Cek disini!